Wisata Bandung : Menikmati Sunrise di Tebing Keraton a.k.a Cadas Jontor


Tebing Keraton adalah salah satu destinasi wisata alam yang (sudah lama) ngehits di Bandung. Lokasinya sebagai wisata alam bisa dibilang tidak jauh dari kota Bandung itu sendiri, sekitar 9 km dari McD Simpang Dago atau kira-kira setengah jam perjalanan naik motor. Cukup dekat dari Taman Hutan Raya Bandung (Tahura).

Menurut riwayatnya nama Tebing Keraton muncul secara alami dari seorang warga Desa Wisata Ciburial yang tiba-tiba saja menamainya Tebing Keraton. Begitu saja, tanpa ada perumusan panjang atau ritual sakral yang dilengkapi sajen. Tidak. Beliau cuma sekedar memberinya nama. Dia menuliskan nama tersebut di depan rumah berikut dengan petunjuk jalannya. Sejak saat itu satu demi satu pengunjung Tebing Keraton pun berdatangan.

Sebelum proses penamaan yang cukup ajaib itu tempat ini biasa disebut Cadas Jontor, yang diterjemahkan secara kasar menjadi Batu yang Menonjol. Nama Cadas Jontor sangat mewakili tempat ini karena secara fisik memang berupa bongkahan batu sangat besar yang menonjol/menjorok.

Kebanyakan pengunjung datang ke Tebing Keraton menjelang pagi untuk melihat sunrise. Gunakan baju yang cukup hangat agar tidak kedinginan jika ingin datang menjelang pagi. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan berfungsi dengan baik karena medan yang akan dilalui cukup mengerikan.

Semakin mendekati lokasi, jalanan semakin terjal dan berbatu serta berkelok-kelok. Tapi tidak perlu khawatir karena di jalan menuju lokasi wisata ada mamang-mamang ojek yang siap menawarkan jasa tumpangannya. Lokasi parkir sangat dekat dengan tebing, jadi tidak perlu berkeringat karena harus berjalan jauh.


And, there we are. Kami sudah sampai ke lokasi Tebing Keraton.

   

Dan ini yang dicari-cari sampai jauh kemari. Lihat matahari. 



Lihatlah segalanya dari dua sisi. Di balik foto-foto indah itu, ada..., mmm. Naha rame kieu?


Pemandangan di sisi yang lain.





Dan inilah akhir perjalanan kami (foto mangap-mangap itu di luar rencana).


Comments

Popular posts from this blog

Masker Penutup Wajah (Face Mask Pattern and Tutorial)

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Dilan : dia adalah Dilanku Tahun 1990