Wisata Bandung: Puncak Bintang, Bukit Moko


Karena dikelilingi oleh dataran tinggi dan sejuk, Bandung memiliki wisata-wisata alam di perbukitan yang cukup banyak. Salah satu yang jadi andalan adalah Puncak Bintang. Lokasinya berada di daerah Cimenyan, Bandung. Jarak Puncak Bintang dari kota Bandung kurang lebih sekitar 10 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau mobil.

Dari arah kota Bandung bisa ditempuh meggunakan rute melalui jalan Supratman dekat gasibu Gedung Sate Bandung ke arah terminal Cicaheum. Sebelum sampai ke terminal Cicaheum kemudian belok melalui jalan Cikutra. Setelah itu jalanan yang dilewati berkelok-kelok, naik dan turun tapi sudah di aspal. Performa kendaraan yang bagus sangat diutamakan di medan seperti ini.

Di tepi jalan akan ditemui penjual-penjual makanan, kebanyakan dari mereka menjual jagung bakar  dan minuman hangat seperti bajigur atau air jahe. Tapi sayangnya sebagian besar berjualan saat malam hari. Lokasi ini memang menawarkan view Kota Bandung di malam hari dengan kerlap-kerlip lampu kotanya. Konon, Puncak Bintang adalah tempat tertinggi di Kota Bandung.

Sunrise di perjalanan. Di Puncak Bintang sunrise tidak terlihat karena menghadap ke barat (cmiiw). 

 
Setelah  melalui jalan beraspal dan naik terus ke ketinggian kemudian akan dijumpai mamang-mamang tukang parkir dengan banyak motor. Di sinilah saatnya memarkir kendaraan. Selebihnya, untuk mencapai Puncak Bintang harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak tempuh yang dilalui untuk sampai ke atas dengan berjalan kaki sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya saja tanjakannya terlalu curam. 

Sampai di pintu gerbang. 



Sayang sekali pohon-pohon sedang meranggas.





1450 mdpl.



Masih berkabut walaupun matahari sudah tinggi.




Oleh-oleh dari pohon.




 

Comments

Popular posts from this blog

Masker Penutup Wajah (Face Mask Pattern and Tutorial)

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran

Dilan : dia adalah Dilanku Tahun 1990