Jalan-jalan ke Singapura 2/2

By dewi kustati - June 08, 2018

Keesokan Harinya

Meskipun masih deket sama Sumatra tapi waktu Singapura satu jam lebih cepat dari WIB. Jadi paginya solat subuh jam 6 WS. Dari yang awalnya janjian kumpul jam 7 pagi di lobi pun jadi diundur jam 8 karena rangorang pada tepar. 
 
pagi-pagi, di depan hotel

transportasi umum sepeda

Di Singapura banyak sepeda kuning begini. Yang di foto itu pas ada yang parkir di depan hotel. Kalo mau pake tinggal download aplikasinya trus ikutin instruksi dan bayar sesuai ketentuan. Nanti dari aplikasi itu QR code yang ada di sepeda di scan biar ke unlock. Keren ya.

*** Check-out dari Hotel 08.00 WS *** 
Beberapa anggota rombongan memilih ditinggal, nanti nyusul katanya. Yaudah, kami akhirnya check-out seadanya orang. 

Rute MRT: Mountbatten - Dhoby Ghaut - Raffles Place

*** Singapore River 09.30 WS ***
Dari stasiun ada yang sarapan dulu di McD Boat Quay, aku dan beberapa yang lain makan buah beli di stasiun terus duduk-duduk deh di pinggir Singapore River. Karena yang sarapan lumayan lama jadinya kami duluan ke Merlion Park, nanti ketemuan di sana.

*** Merlion Park 10.35 *** 
Ternyata patung singanya nggak sebesar yang aku bayangin. Kirain teh bakal gedeee. Dan di sini rame banget, kalo mau foto kemungkinannya kecil untuk dapet jepretan satu frame diri sendiri bersama patung singa. Ah yaudahlah ya, cuma patung singa ini. Lagian panas pun. Jadinya kami lanjut ke Orchard Road. Iya. Yang banyak mall nya itu.
me, photographing the merlion

Rute MRT: Raffles Place - Orchard
*** Orchard Road 11.47 WS ***
Orchard Road
Dari Raffles Place cuma sekali naik kereta, tapi karena dari Merlion Park ke stasiunnya agak jauh jadi kepikiran untuk naik bis. Tapi setelah baca petunjuk di papan dan nggak ngerti harus naik bis apa jam berapa tujuan kemana, akhirnya ya mending jalan kaki lagi agak jauh tapi jelas. Dan di Orchard Road cuma duduk-duduk aja ngeliatin mobil sama bis lewat. Terus karena nggak produktif jadi teh beli es krim yang terkenal itu. Harganya SGD 1,2. Maybe this is the only thing i can afford in Orchard Road.

trying to blend in with the statues

Sebenernya agenda utama di hari kedua adalah beli oleh-oleh di Bugis Street. Maka, karna takut kesorean maka luntang-lantung di Orchard Road harus segera diakhiri. 

Rute MRT: Orchard - Newton - Bugis 

*** Bugis Street 12.xx WS *** 
Terakhir makan adalah pas sarapan, itu pun dengan sebuah pisang dan segelas jus jeruk. Kebayanglah lapernya kaya gimana. Berbekal informasi di bugis banyak yang jualan makanan, maka kami nyari makan di sini. Ternyata emang bener banyak banget yang jualan makanan, tapi nyari yang halalnya itu yang susah. Setelah muter-muter nyari nggak nemu akhirnya aku beli buah lagi, nanas yang dipotong-potong, anggur, sama jambu yang juga udah dipotongin. Harganya SGD 7. Luarang

Setelah ngisi energi barulah belanjaaaa. Beli ini itu buat bapak, ibu, mamas, mbak dan buat adekku.

Terpisah dari rombongan
Selama belanja kami memang berpencar-pencar, selain karna waktunya yang terbatas juga kebutuhan yang mau dibeli kan beda-beda. Pokoknya janjian ke bandara jam 3 dari Bugis. Sekitar jam 3 aku ngirim pesan ke grup whatsapp "pada dimana?" tapi nggak ada balasan. Kupikir pada keasyikan belanja jadi nggak ada yang bales. Udah deh muter-muter lagi nggak jelas. Lama-lama curiga akhirnya setelah diperhatikan lebih saksama ternyata pesanku nggak terkirim (nggak ada centangnya). Kuota roamingnya udah abis kayaknya, jadi tinggal kuota unlimited. 

Berusaha nggak panik, aku keluar dari keramaian menuju jalan biar dapet sinyal. Tetep nggak bisa. Terus nyobain nelpon pake whatsapp juga nggak nyambung. Ini nelponinnya sambil masih jalan nggak bertujuan. Udah yakin sih nih orang-orang pasti pada nyariin. Sebenernya pesawat masih jam 6an, dan aku tau tinggal naik MRT ke airport. Tapi kan nggak enak, akunya ngilang begitu bikin orang kepikiran, hahaha, ge er amat.

Trus pesan mulai masuk satu-satu berondongan di grup, isinya serupa pada saling nanya "ada yang tau nggak dewi dimana?". Setelah mereka tau aku kehilangan sinyal, pesan bernada cemas berubah jadi rutukan dan omelan. Hahaha.

***Terminal 4 Changi Airport 16.xx WS*** 
Akhirnya kami lengkap lagi ketemu di bandara. Mereka ternyata belum ke terminal 4, jadi masih ketemu di terminal 2. Begitu aku dateng nggak lama kemudian shuttle bus nya dateng untuk ngebawa kami ke terminal 4.

Dengan niat ngabisin dolar akhirnya makan di terminal 4 Changi Airport, alhamdulillah. Karena yang halal katanya cuma di Kaki Lima akhirnya pesen Mee Rebus yang kalo di gambar menunya mirip Mi Sedap Kari. Pas dimakan rasanya kaya mi kuah kaldu disiram bumbu pecel lol. 

***Jakarta - Bandung ***
Setelah delay kurang lebih satu setengah jam akhirnya kami terbang ke Jakarta dilanjutkan naik travel ke Bandung. Paginya kami langsung ngantor.

Waaa senangnyaaa. Semoga kapan-kapan bisa ke Singapura lagi, dengan alokasi waktu yang lebih manusiawi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments